Latest Entries »

Novel Pembangun Jiwa

Entah sudah berapa kali kukhatamkan karya tulis Kang Abik ini, tak bosan rasanya ketika harus berkali-kali membacanya. Justru dari setiap kalimat yang kubaca ada saja yang membuatku terilham oleh rangkaian kata-katanya yang begitu menyejukkan. Kalau istilah kerennya sekarang sih “Pembangkit Jiwa” itu pula yang sering ditulis diberbagai media. Memang tak salah rasanya ketika Kang Abik diganjar menjadi Penulis Terbaik se Asia Tenggara, mulai dari buku “Ayat-ayat Cinta”, “Ketika Cinta Bertasbih 1 & 2”, sampai yang terakhir kubaca “Bumi Cinta” semuanya mendapat apresiasi yang sangat baik. Bahkan di suatu ajang temu penulis di kota ku banyak yang menanyakan kapan karya selanjutnya beredar, dan saya yakin pula penggemarnya di seluruh indonesia-asia pun punya pendapat yang sama. Pertamakali dulu kenal dengan nama Habibburahman El Shirazy sekitar tahun 2008 akhir, tetapi waktu itu belum begitu “ngeh” baru ketika film Ayat-ayat Cinta ditayangkan jadi penasaran dengan si penulisnya. Alhasil bisa membaca buku terlaris itu juga walau dalam versi e-book nya maklum waktu itu masi mikir kalo buat beli novel coz seumur-umur belum pernah yang namanya baca novel 😀.  Jujur Novel itulah yang membuat pertamakalinya aku bisa menangis hanya karena membaca sebuah novel, untuk novel-novel yang aku baca selanjutnya pun Kang Abik dengan sukses membuat aku bisa menitikkan airmata lagi.

Mungkin ada benarnya juga yang dikatakan oleh Prof. La Ode (Doktor Jebolan Iowa State University, USA) dalam sebuah kata pengantar di Novel Ketika Cinta Bertasbih.

“Sekali saya mulai membaca sebuah kisah didalamnya, saya tidak bisa berhenti dan ingin terus membaca kisah-kisah berikutnya. Aneh. Saya merasa seperti diguna-gunai. Lebih aneh lagi, kenapa saya harus meneteskan airmata. Padahal. jujur saya katakan, cerita-cerita di dalam buku itu sesungguhnya tidaklah asing bagi saya.”

Ya, aku kemudian berfikir… seorang Doktor saja bisa dibuat Kang Abik menumpahkan airmatanya maka pantaslah kalau banyak yang juga angkat jempol buat karya sastra penggugah jiwa ini. Keindahan kalimat yang dirangkai oleh kata-kata yang begitu menyihir pembaca untuk belajar meneladani tokoh-tokoh yang dihadirkan dalam setiap novelnya, tentu tak akan terlahir dari seorang yang tak mempunyai ketulusan.

“Ketika membaca semua karya Kang Abik yang berbentuk cerita, airmata saya selalu tumpah, hati dan jiwa saya teraduk-aduk. Apalagi ketika membaca novel novel terbarunya ini. Karena itulah saya yakin, bahwa karya-karya Kang Abik itu dikawal oleh malaikat penjaga ketulusan dan cinta yang apa adanya. Dan karya-karya seperti itu hanya bisa ditulis oleh orang-orang yang benar-benar tulus, halus hati dan budinya dan tentu ditulis oleh orang yang punya cinta. Bukankah yang tak punya cinta takkan bisa memberikan cinta? sama seperti orang yang tak punya cahaya takkan bisa memberikan cahaya.”

Akibat membaca novel-novel Kang Abik, kini… ada satu ruang di hati untuk terus selalu menunggu datangnya cahaya-cahaya itu lagi. So, pertanyaanya adalah… apakah kamu juga merasakan cahaya itu ? I Hope So 🙂

Iklan

Belajar lagi….

“Nanti kita hubungi lagi untuk wawancara dengan kepala divisi, saya sarankan sekarang kamu pulang dulu ke jogja.” Sudah hampir 2 minggu berjalan setelah interview pekerjaan di sebuah perusahaan impian, namun yang ditunggu-tunggu tak jua datang. Setiap hari cek email alhasil nihil. Berharap segera ada telepon yang mengabarkan agar segera menemui kepala divisi kemudian direksi dan langsung sign-kontrak. Namun itu semua nampaknya tak kan terjadi setidaknya untuk saat ini, dari terakhir interview pun aku sudah merasa tak yakin bisa lanjut. Itu semua membuat mataku semakin terbuka dan harus segera lebih memperdalam lagi pembelajaran yang dulu sempat kuanggap hal yang mudah… dan nyatanya tidak semudah seperti waktu aku meremehkannya dulu. Dan kali ini pun penyesalan datang menghampiri. Tak ada lagi selaen harus belajar lagi.

Ayo belajar, belajar, belajar…

ibaratnya saat ini seperti anak smp yang baru saja lulus dari sekolah. Loh, kok anak smp ? iya karena anak kelas satu smk jurusan informatika saat ini sama halnya dengan aku masuk semester satu di kuliahan waktu itu. Anak-anak smk sekarang udah banyak yang lebih pinter ketimbang mereka yang di kuliah-an (termasuk aku juga). Makanya sekarang ini mau tak mau harus ngikutin perkembangan dan harus bisa nguasain paling tidak 1 keahlian di bidang ini. Masak udah direndem 7 tahun di kampus sampe dosennya aja eneg liatnya nda ada sama sekali hasil yang didapat. What a shame ? Maluuuu rasanya…

Well i’m just to say

It’s Never Too Late To START again !

Sejarah Kehidupan

Banyak orang pintar di negeri ini, banyak orang cerdas di negeri ini tetapi hanya sedikit  orang yang bisa membikin sejarah di kehidupan dimana dia berada.” Syaifullah Asyik

Ketika ngecek file yang ada di komputer ada satu file audio kenang-kenangan dari salah satu teman di Muamalat. Saat itu adalah hari terakhir dia masuk di Muamalat Jogja karena akan ikut test MODP di kantor pusat selama 3 bulan dan seterusnya tidak lagi berada di Muamalat Jogja.

Dia di minta -paksa- untuk mengisi kajian rutin yang diadakan tiap Jum’at pagi di Musholla kantor. Hampir kurang lebih satu tahun yang lalu peristiwa ini sengaja saya rekam karena memang saya senang mendengar dia bercerita, terutama ketika dia bercerita tentang motivasi, dan memaknai kehidupan. Selain karena orangnya yang humoris dan agak slengean. Kata-katanya saat itu yang saya tulis di awal postingan ini menyadarkanku untuk segera bergerak, bertindak.

Bukan karena pintar, bukan karena cerdas tetapi karena sejarah yang dicetak akan membuat bangga, minimal menjadi kebanggaan dikeluargamu.

So, kapankah kamu akan membuat sejarah di kehidupanmu ?  jangan tunggu nanti, esok atau lusa.. Sekaranglah saatnya membuat Sejarah itu. !

Nda’ terasa udah hampir 2 bulan blog ini vakum… banyak fikiran dan kerjaan yang harus segera dikerjakan membuat blog ini terbengkalai.. yah, tertarik dengan online-earning dari seorang teman sampai tugas WAJIB yang nda kunjung rampung.  Terlintas selalu di benak ini : ah itu kayaknya bagus deh.. ah aku mau seperti itu.. ah pengin kesana-pengin kesitu dan ah ah yang lainnya, dan akhirnya terlintas di fikiran satu pertanyaan yang terus terngiang-ngiang

“apa yang udah kau beri untuk orang lain setelah ilmu yang kau dapat itu ?”

dan alhamdulillah akhirnya kemarin bisa juga memberi manfaat buat orang lain, Allah ngasi kesempatan lewat temenku — sebuah kebetulan yang direncanakan — laptop dia katanya lemot banget plus ada browser yang ga mau jalan di lapie-nya. Jum’at sore skitar jam 16.30 aq sampai rumahnya di Jakal setelah melalui perjalanan yang sungguh rada bikin bete. Ya salahku juga si… jam-jam pulang kantor lewatnya gejayan ke arah utara,  udah pasti jalannya macet. Aq mikir si macetnya masi mending lah, eh ternyata mwacet total dari ujung Lampu merah p4an Concat sampai Bank Mandiri.. Subhanallah. Besok2 ga mau lagi dah lewat situ pas jam2 sibuk. Perlu waktu buat lepas dari macetnya.

Kembali ke laptop.. !!!, ditemani segelas teh anget, camilan kacang dan sesosok makhluk cantik di samping yang ngliatin kerjaan, dimulai lah observasi ke lapienya temenku. Nda’ terasa 4 jam-an berlalu sampai si-empunya lapie ngantuk nemenin ngutak-atik mesin itu. Walhasil sepertinya laptop sudah agak mendingan walau masi ada beberapa yang menunggu untuk di tune-up lagi, untuk sementara itu dulu dah.. dan jam pun udah beranjak ke posisi 45 derajat, It’s time to go back.

makasi buat eyc atas laptopnya yang sudah dibolehin jadi bahan utak-atik. Next time lagi ya.. 🙂

Masya Allah masi ada tugas men dari Ibu’ ! Hampir lupa… Jalur pun berubah ke arah kampung pendiri Muhammadiyah untuk nunut nge-printkan disana. Makasi ya om… buat tintanya. Perjalanan yang lumayan ternyata membuat mata ini berkunang-kunang, harus di istirahatkan dulu nih kalo nda bisa kayak temen yang bisa tertidur di atas motornya dan akhirnya berciuman dengan becak di pinggir jalan yang membuat dia istirahat lama.

dibangunkan sama Op Barikalana jam 1, Akhirnya di temani dinginnya pagi dini hari pulang juga ke rumah, tapi sayang helm kesayangan justru ilang  -_-, —alhamdulillah masi helmnya bukan motornya, smoga aja memang yg ngambil lg butuhin helmku itu— Ya Allah Semoga Engkau beri kembali yang lebih baik :ngarep mode on: 😀

Pagi tadi liat-liat info di salah satu forum terbesar di negeri ini… ada satu postingan info menarik yang bikin miris hati, judulnya memang seperti berita mengenai prestasi suatu negara tetapi setelah dibaca-baca lebih dalam isinya justru bikin hati ini JENGKEL dan BENCI… Why ? simak saja isinya gan….

“Sistem Keamanan Israel Dipakai di Banyak Negara”

Di kawasan-kawasan konflik atau juga di bandar-bandar udara, di mana teknologi dan kemampuan teknik Israel amat dihargai. Kini pengawasan penumpang di bandara Amsterdam juga dikelola oleh sebuah perusahaan keamanan Israel. Ironisnya, tekniknya dikembangkan oleh Israel dalam perang melawan pejuang Palestina.

Jeff Halper penggiat hak asasi dari Israel menjelaskan, “Israel mengembangkan mekanisme keamanan, taktik dan prosedurnya dalam perang melawan Palestina. Apa yang dilaksanakan di bandara Amsterdam atau di bandara lain di seluruh dunia, adalah sebuah teknologi yang disempurnakan dalam melawan warga Palestina.“

Bahkan serangan militer ke Jalur Gaza setahun lalu, merupakan semacam laboratorium dari strategi perang. Seorang perwira militer Israel menyebutkan, invasi ke Jalur Gaza itu sebagai sebuah latihan militer. Halper mengungkapkan lebih lanjut, “Israel mengekspor pendudukan ini. Dalam arti, menawarkan jasa, teknologi, taktik dan senjatanya. Mereka pergi ke AS dan Eropa, dan juga kepada para diktator dan panglima perang di Afrika dan Asia. Israel sangat aktif di Birma, Cina, di Georgia di Afrika Barat dan di Columbia.“

Jeff Halper adalah ketua Komite Israel anti penghancuran perumahan di Palestina, dan penerima penghargaan warga dunia berprestasi dari Yayasan Kant di Freiburg, Jerman. Halper mengatakan dalam konferensi pers di Berlin, warga Palestina adalah kelinci percobaan dari industri keamanan Israel. Kepada warga Palestina ini, Israel melakukan ujicoba apa yang sukses mereka ekspor saat ini, yakni senjata dan teknologi keamanan.

“Hal itu memberikan keuntungan pasar bagi Israel. Negara mana yang memiliki empat juta orang yang dapat diperlakukan seenaknya, tanpa harus mempertanggung jawabkan tindakannya? Tidak ada pengawasan internasional dan tidak ada tanggung jawab. Mekanismenya memang ada, terdapat PBB, Komisi Hak Asasi Manusia, Konvensi Jenewa dan mahkamah pidana internasional. Tapi tidak ada keinginan masyarakat internasional, untuk memaksa Israel bertanggung jawab,“ ungkap Halper.

Sebaliknya, teknologi kemanan dari Israel itu justru dijadikan standar keamanan di seluruh dunia. Teknik pengawasan dan pemeriksaan penumpang di bandara Ben Gurion dipelajari dan diambil alih. Dengan itu muncul ancaman baru, bukan hanya teroris melainkan juga aktifis politik dan penggiat hak asasi yang dapat dicegah bepergian. Halper mengingatkan, kita harus membunyikan tanda bahaya. Sebab yang akan terjaring dan menjadi korban teknologi militer Israel itu, bukan hanya warga Palestina, melainkan semua orang. Juga teknik itu tidak sempurna. Buktinya, justru pelaku serangan Detroit dapat lolos lewat bandara Amsterdam yang dijaga pakar teknologi keamanan dari Israel.

Bettina Marx/Agus Setiawan

Editor: Asril Ridwan

Sumber disini : http://www.dw-world.de/dw/article/0,,5150774,00.html

Anda semua sudah baca isinya ? bagaimana dengan kalimat yang saya tebalkan dan berwarna di atas ? Sungguh memang dunia ini terlalu dibutakan oleh Negara yang luasnya tak selebar pulau Kalimantan itu.

Apa guna PBB didirikan jika tak bisa melihat dengan jelas salah satu dari beberapa yang menunjukkan bahwa ISRAEL memang benar-benar tidak akan berhenti memerangi negeri suci PALESTINA contohnya perkataan salah seorang yang katanya penggiat hak asasi seperti diungkap diatas. Seakan-akan mereka tidak takut ancaman dari DUNIA, karena mereka tahu  “Tidak ada pengawasan internasional dan tidak ada tanggung jawab. Mekanismenya memang ada, terdapat PBB, Komisi Hak Asasi Manusia, Konvensi Jenewa dan mahkamah pidana internasional. Tapi tidak ada keinginan masyarakat internasional, untuk memaksa Israel bertanggung jawab,“ ungkap Halper bahkan Lembaga perdamaian (yang katanya) tertinggi di dunia pun tak berkutik dalam menentukan kebijakan terhadap negara pengecut ini.

Sungguh benar-benar tidak ada lagi rasa kemanusiaan yang hadir di negera pengecut ISRAEL yang katanya memiliki penggiat hak asasi manusia. Lalu bagaimana dengan rakyat PALESTINA yang tanahnya kau rampas, yang rumahnya kau hancurkan untuk kau jadikan pemukiman baru, apakah itu tidak termasuk dengan pelanggaran HAM tingkat tinggi yang sudah lama sekali dunia mengetahuinya ?

Lantas bagaimana dengan anda ? masihkah anda menutup mata terhadap penjajahan dan penjarahan ISRAEL terhadap negeri PALESTINA ini ????

Januari 2010, sebuah bulan dimana tahun 2010 ini memulai perjalanannya. Banyak kemunculan-kemunculan yang menarik di bulan ini, mulai dari ceritera prediksi paranormal (yang Masya Allah… bahkan dipercaya sebagian orang) tentang kejadian-kejadian penting atau fenomena yang terjadi di tahun ini sampai kepada statistik menarik yang muncul dari dunia maya.

Lalu apa itu ? bicara dunia maya saat ini tak lepas dari benak kita tentang boomingnya website sosial network. Facebook dan Twitter, kedua website sosial network itu saat ini menjadi raja-diraja di dunia maya seiring dengan berkembangnya gadget terutama di negeri ini. Dulu ketika ingin membuka friendster website sosial network yang pernah booming sebelum facebook kita harus berada di depan komputer, kali ini dengan adanya perangkat mobile dimanapun kita berada asal terdapat dukungan jaringan kita bisa mengup-date status, berkirim pesan dengan teman, mengupload foto atau chatting.

Dunia komunikasi memasuki era kebebasan untuk mengeluarkan pendapat dalam bentuk tulisan, gambar maupun video. Saat ini kita bisa segera tahu sedang apakah teman kita nun jauh disana, apa yang sedang dia fikirkan atau sedang berada dimanakah dia berada. Yang tidak terbiasa menulis sekarang menjadi terbiasa menulis, yang dulunya tak pede untuk berpendapat sekarang berani mengeluarkan uneg-unegnya dalam tulisan. Pun kita bisa memberikan komentarnya secara langsung.

Itu semua salah satunya berkat adanya blog salah satu hasil dari teknologi web 2.0, fungsinya hampir sama dengan diary di dunia nyata. Apapun bisa kita tulis disini, apapun bisa kita tunjukkan lewat media ini. Bebas sebebasnya namun tetap beretika, maksudnya kita bisa mengekspresikan apa saja namun tetap dalam norma-norma jurnalistik yang ada. Bisa juga untuk ajang aktualisasi dirimu, mencari teman bahkan mencari pasangan hidup (untuk yang ini sudah banyak contohnya, bertemu di dunia maya dan menjalin hubungan serius dengan berkeluarga di dunia nyata..) anda mau ??? ^_^

Belakangan blog pun bisa digunakan untuk mencari penghasilan, sudah banyak yang membuktikan ternyata nge-blog pun bisa dapet duit. Lalu gimana caranya ?

Pertama dan yang utama tentunya adalah isi/konten dari blog tsb. Ketika konten dari blog anda dirasa bermanfaat dan informatif buat pengunjung, pasti blog anda akan banyak dikunjungi. Itung-itung bisa jadi artis di dunia blog yang kemudian muncul istilah Seleb-Blog dan punya banyak follower. Namun ketika blog anda hanya berisi informasi sampah atau belakangan ini marak blog yang asal copy-paste pastinya akan ditinggalkan oleh pembaca.

Langkah-langkah selanjutnya agar blog kita selalu diikuti :

  1. Cari topik yang nge-soul
  2. Tulisannya khas dan bernilai
  3. Penuturan yang baik
  4. Media pendukung blog (facebook, twitter, youtube dll)
  5. Bikinlah konten yang aktual

Selain yang diatas ada pula uba-rampe yang harus dijalani ketika ingin menjadikan blog kita dikenal, diantaranya :

  1. Jangan lupa untuk selalu silaturahim/berkunjung ke blog orang lain,
  2. Tinggalkanlah komentar -ini bertujuan agar blog anda dikunjungi pula- istilah kerennya trackback (bener ga’ ya…. ^^),
  3. Konsisten untuk selalu meng-update blog anda paling tidak seminggu 2x.

Bikin konten sudah, mempromosikan blog sudah dan tidak terasa pengunjung blog anda mulai banyak, saatnya anda untuk memaintenance blog anda supaya tidak ditinggal oleh pengunjung. Berikut tips untuk merias blog anda :

  1. Mainkan kontras ( bukan hanya dalam warna )
  2. Ada pola
  3. Pengaturan jarak dan peletakan menu
  4. Warna
  5. Pergunakan widget blog
    • Deskripsi singkat
    • Pencarian
    • Artikel terbaru
    • Komentar terbaru
    • Arsip
    • Tags

Hmmm segitu dulu ya… penjelasannya ntar aja di postingan berikutnya, lagian udah adzan nih,. Simak terus postingan berikutnya ^^

Sumber :

  • penambahan seperlunya

“Honey bunny sweety lets take a chance on me
TAKE ME HOME TONIGHT you’ll never regret it
Coz i am so sexy lets take a chance on me
Come on treat me right and you’ll never guilty
Guilty guilty…”

tadi pagi dengerin adek di rumah nyetel lagu ini,…
tergilitik mendenger dan mencerna lagunya…
dan setelah searching liriknya,,,,

dodoe Masya Allah….

coba perhatikan lebih detail lirik bahas inggrisnya
klo diartiin ke bahasa sungguh-sungguh seperti MENGOBRAL/MENJUAL DIRINYA…
sbenernya apa mksud dr lirik ini ? kalo cuman sekedar untuk hiburan apakah harus se-vulgar ini ???
klo ini dinyanyikan oleh anak kecil yg tak tau apa-apa bukannya ini malah mengajarkan kepada mereka bahwa lirik semacam ini adalah suatu yang biasa ???
sesuatu yang esok kala mereka dewasa bukan menjadi hal yang tabu lagi untuk menciptakan lirik lagu lebih ekstrim dari lirik lagu ini….

menurut kamu seperti apa ???

dan ketika mereka berhasil

Alhamdulillah kuucap ketika mengetahui teman-teman ku menjadi orang dan sudah berkeluarga, dan rata-rata mereka yang tidak diprediksi waktu SMA bakalan nikah cepet ternyata salah. Justru orang-orang yang sepertinya bakalan nikah cepet, masih belum apa-apanya… dunia memang tak semudah yang kita fikirkan. Syukurku selalu tercurah kepadaMu Robbi karena telah mempertemukan aku dengan mereka, sobat-sohib-dan saudara bagiku yang selalu memberi warna dalam kehidupan. Macam karakter yang kudapati di diri kalian yang membuatku lebih dekat dan tahu bagaimana orang-orang seperti kalian. Seolah seluruh sosok yang ada di muka bumi ini setidak-tidaknya tercermin dari diri kalian, ada yang pemalu, keras, pelit, suka guyon, tegas, serius. Hampir semua penggambaran ketika bertemu dengan orang baru ada di diri kalian, dan dari ini aku tahu bagaimana seharusnya aku.

Lah lalu apa hubungannya dengan judul ??? hehehe iseng aja karena banyak yang mau ditulis tapi malah bingung dari yang mana dulu, yah akhirnya apa yang ada di kepala langsung tertuang disini. ^^ yak mungkin sgini dulu aja kali ini…

sedikit sedikit sambil latian ngetik semoga bisa jadi manfaat walau hanya seuprit.

bersambung….

Postgree ato MySql ?

 Jum’at malam lalu di telepon temen SMU dimintain bantuan donorin darah buat kakaknya yang mau operasi esok paginya. Kebetulan pas nyampe di PMI ternyata sudah ada temen dari kakaknya yang udah masuk buat donorin (yah…. gagal lagi deh buat sedekah darah… next time semoga ada). Alhasil disana cuman ngobrol sama temenku itu… tapi memang Allah menepati janjiNya memberikan balasan bagi yang mau beramal baik walaupun amal itu tak terlaksana, dan itu bener2 kualami. Subhanallah Walhamdulillah Walaa ilaa ha illaullahu Wallahu Akbar. 

Sewaktu di PMI itu kami ngobrol kesana-kemari dan sampai pembicaraan tentang yang donorin tadi, ternyata dan ternyata dia adalah seorang Projet Leader dari sebuah Software House di Jogja, Unit 3 Rekayasa Sistem namanya. Di kenalin lah aku sama masnya ini sempet tuker no hape pula, lumayan buat nambah koneksi nih… apalagi beliaunya seorang Project Leader, aw aw aw….. Besok kalo udah punya portofolio yang lumayan bisa ditawarkan ke dia nih.., jadi semangat buat belajar scripting lagi!

Sebenernya beliau udah nawarin butuh orang yang bisa Java atau pengalaman maen di Postgree atau minimal pernah punya portofolio lah, sayang aku tak mumpuni, selain nda pede juga si. Laa ilmunya masih nyap-nyapan pula -_-, Tapi dari dia aku tahu kalo ada kemungkinan DBMS MySql kedepannya akan berbayar.. makanya dia nyari orang yang bisa maen di DBMS Postgree yang free dan belum ada kemungkinan berbayar. Katanya sih… lebih powerfull ketimbang MySql . Bener ndak nya ntar deh analisanya mau dipelajari dulu, doakan biar lancar ^_^.  (bersambung…)

Yang jelas Belajar.. Belajar.. Belajar coz i’m still stupid

Demi waktu

Bunyi jangkrik dan kodok bersahutan di suasana dinginnya malam ini, kota ini terlihat lebih sejuk dari biasanya karena semenjak sore tadi hujan mengguyur di setiap pelosok. Setidak-tidaknya itu yang terfikirkan, entah kalau hujannya hanya hujan lokal di daerahku saja —yang lebih sering muncul akhir-akhir ini akibat efek pemanasan global– karena itu di sebagian pelosok daerah lain pasti giliran mendapat jatah merasakan panasnya.

Rencana malam ini menghabiskan susunan tutorial bikin blog yang masih acak adut setelah semalaman dipelajari. Tetapi karena ada sedikit keributan tadi akhirnya malah menulis cerita ini. Semoga kantuk tidak segera datang karena akibatnya, rencana –selesai kuliah– jadi tertunda lagi. 

Planningku adalah akhir minggu ini selesai bikin blog yang di monetize trus mulai ngerjain coding skripsi sampai hari kamis besok. Jum’atnya nemuin calon client pertamaku (jazakallah buat hangga atas rekomendasinya) yang minta bantuan bikinin sistem informasi buat skripsinya. Sepertinya memang naif wong belum rampung kok udah mau ngerjain proyeknya orang lain.. Terlalu (kata bang Rhoma) tapi aku ngrasa kalo tidak dibikin keadaan seperti ini, aku tidak bisa belajar. Belajar untuk me-manage waktu, belajar fokus dalam tugas dan kerjaan, belajar disiplin memenuhi target dan belajar kerja keras dalam mencapainya.